Senin, 11 Januari 2016

cara pembalap

Namanya balap pasti dari start  ke finish. Tidak mungkin dari finish ke start. Itu namanya otak kamu sudah korslet. Di trek lempeng itu, 75% kemenangan ditentukan start. Tentu dengan motor yang kenceng. kunci suksesnya saat start. Start yang bagus adalah konsentrasi tinggi. Gerakan motor harus sama cepat dengan lampu hijau. Itu wajib, karena di situ banyak mempersingkat waktu. Kalau perlu hanya beda 0.001 detik dengan lampu. LAmpu yang duluan padam. Kalau jokinya yang duluan itu namanya jump start.
Joki yang langganan juara di drag bike, motor mereka dari garis start seperti loncat. Saat yang sama tidak ada gejala angkat roda depan dan belakang akan spin. Ada sesekali gejala wheelie yang terkontrol. Dulu, joki-joki road race pernah berguru pada mereka soal kecepatan motor dari diam dan lari. Jitu momentum melepas kopling, rpm dan posisi badan mereka. ”Kosentrasi sudah harus penuh sejak di waiting zone. Adaptasi dan hitung  interval kedipan lampu start. Pelajari juga cara start pembalap sebelumnya, jika dia melakukan kesalahan jangan ulangi ritmenya,”
Lakukan burn out untuk memanasi ban. Dengan ban yang panas, kompon akan lengket ke aspal. Bahasa tekniknya kompon akan senyawa. Ngegrip, kata orang. Roda kemungkinan tidak akan cakar di tempat, tapi akan menyalurkan tenaga. Coba panasi karet kolor dan pegang, selain panas juga lengket di tangan. Nah seperti itu maksudnya ban dipanasi.
Lalu? “Posisi badan condong ke depan dengan posisi 45°. Jangan lupa berdoa minta keselamatan dan kemenangan,” urai Chodox yang punya nomor star 26, mirip Dani Pedrosa. Intinya, kata Eko start itu sesuaikan kondisi trek. Maksudnya bila tak terlalu grip, gas harus diurut pas.
Itu bersamaan harus pandai mainkan kopling dengan rpm saat start. Di dalamnya juga tekanan angin ban, “Angkanya tak hapal, feeling aja dan dicoba di tempat untuk menyesuaikannya. Ini perlu untuk antisipasi biar tidak sliding. Lebih bagus latihan yang banyak,”Ajang drag race memang jadi favorit. Di sini dibutuhkan mesin yang mampu melontarkan tenaga besar dan secepat-cepatnya menuju garis finish. Ajang ini difavoritkan banyak kalangan karena hanya memanfaatkan mesin kencang dengan bobot minimal!
Jika sman-sman lihat ajang balap drag, memang kebanyakan protolan dan banyak mesin-mesin dengan suara melebihi berisiknya suara pesawat. Knalpot racing sampai abal-abal menggelegar. Saling beradu mana yang terbaik settingannya.
Yang paling sering adalah ajang balap drag motor-motor standart sampai tune-up di balap drag liar atau independent. Bahkan di jalanan yang sepi akan ada adu gass antar pengguna motor, apapun itu (biasanya yang udah meleduk).
Cara start balapan drag bike yang benar merupakan salah satu langkah awal sebelum anda terjun ke dunia balapan drag ini. Namanya juga balapan pasti dari start sampai finish, namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara start drag yang benar.

Salah satu joki drag yang namanya sudah terkenal yaitu eko chodox, kenapa dinamakan eko chodox yaitu karena startnya seperti katak. Cara start dalam balapan drag yang dipakai oleh para joki drag lain juga tidak jauh berbeda dengan apa yang akan saya tulis ini. langsung saja dibaca ulasan mengenai cara start balap motor drag dibawah ini.


Cara start balap motor drag

  • Sejak di waiting zone konsentrasi pembalap harus sudah penuh, hitung interval kedipan lampu start dan saran saya pelajari juga cara start pembalap sebelumnya, jika dia ada melakukan kesalahan usahakan jangan ulangi
  • Sebelum start, lakukan terlebih dahulu burn outuntuk memanasi ban. ban yang  panas akan membuat kompon lengket ke aspal
  • Selanjutnya, karena trek drag bike yang lurus maka posisi badan condong kedepan atau dibungkukan
  • Saat start anda harus pandai juga memainkan kopling yang pas dengan rpm
Itulah beberapa tips start balapan yang harus anda pahami jika anda ingin menang. Kenapa begitu ?, ia karena ini adalah trik utamanya. Sampai disini ulasan mengenai cara start motor drag
artikel ini di khusukan untuk para dragster dengan judul Tips balapan drag mulai dari start-finish, artikel ini saya rangkum dari pengalaman saya sendiri .
sebelumnya saya beri tau bahwa seorang pembalap harus mempunyai tekat atau keberanian .
langsung aja di baca teksnya agar lebih memahami ......

  • Sewaktu mau start coba naikkan rpm/gas motor anda dengan cara menggeber-gebernya kalau rpmnya uda naik tahan gas dan tarik koplingnya lalu tarik gasnya lagi .
  • tarik gasnya jangan full sisakan sedikit luang agar motor tidak jumping,pada hitungan go gas dan mainkan koplingnya dan motor anda akan melesat cepat di start.
  •  sewaktu menambah gigi kurangkan gas sedikit saja.
  • Posisi badan
     Sewaktu start,saat lepas kopling pindahkan berat badan ke depan dan sekalian mendorong motor menggunakan kaki .


       Sewaktu lepas landas bungkukan badan anda serendah mungkin (agar tidak menghambat angin) tanpa menghambat pandangan .
. Sampai disini ulasan mengenai cara start motor drag.

3 komentar:


  1. Costumer Service 24 Jam..

    Join ? Langsung Contact Kami
    WA : +62 852 1712 8589
    LINE : Ligautama88

    BalasHapus
  2. Jafi selama ini aku ngedrak kalah di joki

    BalasHapus
  3. Semoga ilmu nya bermanfaat ya bang๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus